“...Kami anak tanah ini Lahir dari gunung dan laut Menetas dari batu dan kayu Di atas tanah beramis magis....”

Rabu, 31 Juli 2013

Kwarnas Canangkan Aksi Pramuka Peduli Lebaran 1434 H



Jakarta (31/7), Seperti tahun sebelumnya, menjelang lebaran pemerintah disibukkan dengan pelayanan arus mudik yang luar biasa padatnya. Walaupun semua persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari akan tetapi fenomena sosial tahunan ini tetap menjadi pandangan tersendiri yang perlu mendapat perhatian lebih dari semua pihak. Kelancaran arus mudik dengan segala keruwetan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata yang dalam hal ini Departemen Perhubungan RI, tapi juga merupakan tanggungjawab seluruh komponen masyarakat, termasuk anggota Gerakan Pramuka.

Kegiatan Aksi Pramuka Peduli yang bertajuk “Karya Bakti Lebaran 1434 H”,ini merupakan tradisi tahunan yang dilakukan Gerakan Pramuka seluruh Indonesia. Kwarnas Gerakan Pramuka beserta jajarannya mengerahkan anggota Pramuka Penegak dan Pandega dan mereka ditempatkan diberbagai terminal-terminal/stasiun-stasiun dan pelabuhan guna membantu kelancaran arus mudik lebaran. Tidak sedikit pula anggota Gerakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di bawah binaan Satuan Karya (SAKA) Bhayangkara bergabung dengan anggota Kepolisian Republik Indonesia, membantu polisi mengatur arus lalu lintas yang mengalami kemacetan.

Untuk itulah direncanakan pada Minggu pagi, 4 Agustus 2013 akan dilaksanakan Pencanangan Aksi Pramuka Peduli/Karya Bakti Lebaran 1434 oleh Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Kepramukan dan Saka, Hatta, Sy mewakili Ketua Kwarnas. Kegiatan yang dipusatkan di Terminal Terpadu Merak, Banten ini jajaran pimpinan Kwarda Gerakan Pramuka Banten dan Kwarcab Gerakan Pramuka Cilegon.

Selain itu Kwartir Nasional Gerakan Pramuka didukung oleh berbagai pihak, seperti Yayasan Dompet Dhuafa, DNIKS, DAITV, IRSI mendirikan posko gabungan diberbagai titik strategis guna membantu kelancaran arus mudik. Posko gabungan yang mengangkat tema “Wujudkan Bangsa Yang Berkarakter dan Bermartabat Melalui Gerakan Pramuka” ini tersebar diseluruh Indonesia dengan lokasi kegiatan di daerah pelabuhan penyebrangan, terminal dan lain sebagainya.

Kegiatan “Aksi Pramuka Peduli Lebaran” sebagai wujud nyata kepedulian Gerakan Pramuka terhadap fenomena sosial tahunan ini telah dilaksanakan sejak tahun 1988. Kegiatan ini, di samping menunjukkan kepedulian sekaligus dapat menimba pengetahuan dan pengalaman dalam mengatasi problem yang timbul di tengah masyarakat. Adapun tugas pokoknya adalah membantu petugas terminal Bus/Stasiun KA dan Terminal Laut, dalam memberikan pelayanan terhadap kelancaran antrian tiket; memandu calon penumpang untuk menuju kendaraan sesuai tujuan; membantu petugas demi terciptanya ketertiban umum, keamanan dan kebersihan lingkungan; memandu calon penumpang ke arah tempat-tempat ibadah, MCK dan tempat-tempat penting lainnya, membantu memberikan pelayanan kesehatan awal (P3K), terhadap para calon penumpang yang membutuhkan; membantu para manula/jompo/ penyandang cacat mengangkut barang bawaannya.

Dalam acara pencanangan ini direncanakan menyerahkan bingkisan lebaran kepada anak yatim/dhuafa, petugas kebersihan. Acara kemudian dilanjutkan peninjauan dan bertatap muka dengan calon menumpang.

0 komentar

Poskan Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog Gerakan Pramuka Flores Timur
silakan tinggalkan komentar anda,- gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, sopan santun anda sangat kami hargai